Home » , , » 15 Cara Meningkatkan Penjualan Shopee dengan Cepat

15 Cara Meningkatkan Penjualan Shopee dengan Cepat

Cara meningkatkan penjualan Shopee dengan cepat menjadi keinginan semua orang, tapi tau nggak sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee memiliki 127,4 Juta pengunjung situs pada kuartal I tahun 2021. Pengunjung yang padat, membuat jumlah penjual di platform ini juga semakin banyak.

Karena itu, Anda tentu harus memikirkan cara meningkatkan penjualan di Shopee jika ingin tetap bersaing di marketplace asal Singapura ini.

Berjualan di marketplace sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mendaftar akun dan mulai menjual produk. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar toko Anda tidak kalah bersaing dengan toko lain yang menjual produk serupa.


Yuk, simak tips meningkatkan penjualan di Shopee berikut ini!

1. Jalankan Kampanye Jasa Review Toko Shopee

Salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan Shopee Anda adalah menjadi lebih terlihat oleh pembeli potensial. Fitur Shopee My Campaigns memungkinkan Anda untuk menempelkan produk tertentu ke bagian situs web yang paling banyak dikunjungi oleh pembeli. 

Kampanye Saya adalah cara Shopee membantu penjual memaksimalkan platform Shopee. Seperti yang dapat kita lihat, Shoppe memungkinkan pembeli bergabung dengan kampanye secara gratis. 

Penting untuk dicatat bahwa nominasi produk harus didasarkan pada kriteria ini:

  • Deskripsi dan gambar produk harus layak dan akurat
  • Penjual harus memiliki kesediaan untuk memberikan diskon 10% -20% jika penjual disetujui
  • Harga menarik
  • Jika Anda tidak dapat mengikuti kriteria di atas, permohonan Anda untuk bergabung dengan kampanye mungkin ditolak. 

2. Gunakan Fitur Pilihan Top

Shopee merancang Top Picks From Shop untuk meningkatkan cross-selling. Dengan fitur ini, penjual dapat menambahkan empat hingga delapan produk dalam satu koleksi yang dapat ditampilkan pada halaman produk seseorang. Ini mendorong pembeli untuk menambahkan lebih banyak produk Anda ke troli mereka dan dengan demikian meningkatkan penjualan Shopee secara keseluruhan. 

Anda dapat membuat maksimal 10 koleksi. Hanya satu koleksi yang dapat ditampilkan pada halaman produk Anda pada waktu tertentu. 

3. Nominasi Produk Untuk Dijual Flash

Penjualan flash adalah transaksi yang muncul di beranda Shopee. Menggunakan fitur penjualan kilat memungkinkan Anda untuk meningkatkan penjualan karena ini adalah bagian dari Shopee yang dikunjungi sebagian besar pembeli ketika mereka mencari barang diskon. 

Karena ini adalah salah satu fitur Shopee yang paling populer, penjual dapat mengumpulkan klik dan tampilan terbanyak. Anda juga akan mendapatkan manfaat berikut:

  • Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk menjual produk terbaik Anda
  • Menarik lebih banyak pengunjung dan paparan ke toko online Anda
  • Persyaratan Untuk Melakukan Penjualan Flash
  • Waktu mulai dan berakhir
  • Harga atau persentase diskon harus dalam Rentang Diskon yang Diterima dari perjanjian nominasi. 
  • Stok yang cukup (stok Anda untuk penjualan kilat akan dikurangi dari total pasokan produk Anda)
  • Produk yang termasuk dalam kategori persyaratan yang Shopee pilih untuk penjualan flash
  • Anda juga dapat menambahkan variasi produk. Namun ini opsional. 

Cara Bergabung dengan Flash Sale

Dalam istilah tradisional, penjual tidak dapat bergabung dengan penjualan kilat. Ini adalah segmen Shopee yang disediakan untuk penjual yang telah mencapai yang berikut:

  • 0 poin penalti
  • Tingkat respons obrolan yang baik
  • Tingkat pemenuhan tinggi dan tingkat keterlambatan pengiriman rendah
  • Peringkat toko bagus
  • Sementara itu, Anda juga memiliki opsi untuk membeli slot kesepakatan flash.

Pilih produk yang ingin Anda sertakan dalam penjualan flash. Klik Konfirmasikan setelah Anda memutuskan. 

Setelah memperbarui detail, Anda dapat menyimpan dan mengirimkan aplikasi. Proses peninjauan dapat berlangsung selama tujuh hari kerja. Periksa bagian Flash Sale dari Seller Center Anda dari waktu ke waktu untuk memeriksa status aplikasi Anda. 

  • Memastikan Nominasi Anda Sukses
  • Pastikan produk yang Anda pilih ditetapkan dengan harga terendah
  • Satu produk per timeslot
  • Anda harus memiliki minimal lima stok untuk produk yang Anda pilih
  • Pastikan gambar sampul produk Anda memiliki latar belakang putih
  • Tidak ada pemesanan di muka
  • Gratis Ongkos Kirim
  • Poin hukuman harus kurang dari tiga
  • Toko Anda perlu memiliki ulasan yang lebih besar dari empat

4. Dorong Aktivitas Pembeli Melalui Voucher

Anda dapat membujuk pembeli Anda untuk membeli lebih banyak produk dari toko Anda dengan membuat voucher Anda sendiri. Selain itu, peluang pelanggan Anda untuk membeli lebih banyak produk per transaksi juga meningkat.

Anda dapat menyesuaikan voucher Anda tergantung pada kebutuhan Anda. Voucher bervariasi dalam kategori. Ada diskon dan uang kembali koin. 

Saat ini ada dua jenis voucher:

  • Voucher produk - hanya berlaku untuk produk tertentu
  • Voucher toko - dapat berlaku untuk semua produk di toko Anda
  • Anda juga dapat menetapkan batas untuk voucher Anda. Ini berarti Anda akan memutuskan berapa kali seseorang dapat menerapkan voucher-nya untuk suatu transaksi. 

5. Promosikan Produk Anda Dengan Diskon

Alat Promosi Diskon Saya memungkinkan Anda untuk meningkatkan sensasi untuk produk Anda selama waktu yang ditentukan dan karenanya meningkat Shopee penjualan. 

Diskon dapat berlaku untuk satu produk. Anda juga memiliki opsi untuk menerapkan diskon untuk semua produk di toko online Anda. 

Pastikan untuk menetapkan batas untuk setiap diskon Anda. Dengan cara ini, satu pembeli tidak akan dapat mengambil produk terbaik Anda sebelum pelanggan lain mendapatkan kesempatan untuk memperhatikan mereka. 

Promosi Diskon Saya sangat membantu bagi penjual yang ingin meningkatkan laba untuk satu produk tanpa harus menurunkan harga. Melalui penggunaan diskon ini, harga Anda akan tetap kompetitif dibandingkan dengan penjual lain.

6. Analisa Pasar

Jika Anda baru akan memulai berjualan, hal pertama yang harus dilakukan adalah analisa pasar. Anda dapat melakukan riset seperti produk apa yang akan dijual, seberapa besar target pasar Anda, serta berapa harga yang akan dipasang.

Dengan analisa pasar, Anda juga dapat mengetahui seberapa besar persaingan yang ada. Caranya, Anda dapat melakukan pencarian terhadap produk yang ingin dijual dan klik kolom “terlaris”.

Telitilah apa yang membuat produk dapat menjadi yang terlaris, apakah karena harganya yang murah, lokasi toko, atau varian yang disediakan lebih banyak. Dari sini Anda dapat memutuskan harga yang akan dipasang serta varian untuk produk yang ingin dijual.

7. Ikuti Shopee Campaign

Shopee telah menyediakan banyak fitur bagi penjual untuk memaksimalkan marketingnya. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah “My Campaigns” dimana Anda dapat mendaftarkan toko agar diiklankan di banner berbagai situs web secara gratis.

Ada beberapa kriteria jika Anda ingin mendaftarkan toko untuk mengikuti Kampanye ini, yaitu:

  • Nama serta deskripsi produk harus sesuai dan jelas.
  • Penjual bersedia memberikan diskon 10-20% jika toko disetujui untuk mengikuti Campaign.
  • Harga yang ditawarkan harus bersaing.

Cara untuk mendaftarkan toko Anda ke fitur ini cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke akun penjual Shopee, lalu ke tab “Marketing Centre”. Pada tab tersebut akan ditampilkan fitur-fitur Shopee yang berfungsi meningkatkan penjualan di Shopee.

Anda tinggal memilih fitur “Campaign”. Jika ada kampanye yang berlangsung, maka akan muncul pilihan untuk mendaftar. Dengan mengikuti fitur ini, produk Anda akan memiliki potensi besar dilihat oleh lebih banyak pengguna karena akan ditampilkan di banner homepage Shopee, serta ditampilkan melalui push notification.

8. Gunakan Fitur Top Picks



Dalam upaya meningkatkan cross-selling, Shopee telah menyediakan fitur Top Picks atau yang biasa disebut kategori untuk halaman toko Anda. Penjual dapat menambahkan 4-8 produk dalam satu kategori. Hal ini akan memudahkan pembeli dalam memilih produk yang ada pada toko Anda.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus mengakses akun penjual Shopee. Selanjutnya, masuk ke “Pusat Penjual” dan klik “Pusat Pemasaran”. Pilih opsi “Pilihan Top” dan “Tambah Koleksi”. Pada tahap ini, Anda akan diminta untuk memberi nama koleksi dan memilih produk apa saja yang ingin dimasukkan.

Anda dapat membuat hingga 10 koleksi untuk toko Anda, tetapi hanya 1 koleksi yang bisa ditampilkan pada periode waktu tertentu. Anda bisa mengatur jam tayang koleksi yang ada melalui halaman awal “Top Picks” atau “Pilihan Top” tadi.

9. Aktifkan Fitur Penjualan Flash

Flash sale atau penjualan flash merupakan fitur unggulan platform oranye ini. Pasalnya, banyak pengguna yang langsung tertarik dengan fitur ini ketika berkunjung ke sebuah toko. Dengan menggunakan fitur ini, produk Anda dapat naik dan mencapai lebih banyak konsumen potensial.

Tidak semua penjual di Shopee dapat mengikuti program flash sale ini. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Memiliki 0 poin penalti
  • Tingkat respon obrolan dengan konsumen baik
  • Peringkat toko bagus
  • Harga diskon yang tertera harus sesuai perjanjian nominasi
  • Memiliki stok produk yang cukup
  • Produk termasuk kategori persyaratan yang telah ditentukan

Cara mengaktifkan flash sale di Shopee adalah dengan membeli slot untuk toko Anda terlebih dahulu. Akses laman Solusi Penjual SG dan pilih slot yang sesuai, lalu lakukan pembayaran seperti biasa.

Setelah berhasil melakukan pembelian, pilihan “Flash Sale” akan muncul di pusat penjualan Anda. Pilih flash sale yang Anda beli tadi, lalu nominasikan maksimal 2 produk. Setelah selesai, Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari pihak Shopee yang biasanya berlangsung 5-7 hari kerja.

10. Beri Voucher Toko

Memberi voucher untuk pembeli dapat mendorong mereka memasukkan lebih banyak produk ke keranjang belanja. Anda dapat mengatur sendiri berapa batas minimal pembelanjaan agar voucher dapat digunakan.

Cara membuat voucher di Shopee sangat mudah. Buka laman Pusat Penjualan, lalu pilih menu “Voucher”. Saat ini terdapat dua jenis voucher, yaitu “voucher produk” yang hanya bisa dipakai untuk produk tertentu dan “voucher toko” yang bisa dipakai untuk produk apapun di toko Anda.

Setelah memilih jenis voucher yang ingin dibuat, ikuti instruksi untuk melengkapi detailnya. Setelah berhasil dibuat, voucher tersebut akan dapat diakses melalui dashboard toko Anda.

12. Jasa order marketplace

Sebuah survey menyatakan bahwa para pembeli Shopee lebih tertarik pada produk yang sedang diskon. Anda dapat memanfaatkan fitur diskon ini agar pengunjung tertarik dan akhirnya membeli produk di toko Anda.

Perlu diingat, harga yang Anda tawarkan saat diskon harus tetap kompetitif dengan penjual produk serupa. Anda juga bisa mengatur agar pembeli hanya dapat checkout sejumlah produk tertentu agar pembeli lain juga mendapat diskon tersebut.

14. Pahami Proses Pembelian Konsumen

Sebelum membeli suatu barang di Shopee, konsumen melalui 4 tahap pembelian, yaitu sosial, keterlibatan, konversi, dan penyimpanan. Tahap pertama, sosial, berarti kesadaran pengguna saat pertama kali menemukan produk Anda. “Fitur Pencarian” dan “Top Picks” harus Anda maksimalkan untuk mendapat pelanggan di tahap ini.

Selanjutnya adalah tahap keterlibatan. Hal ini merupakan keterlibatan pelanggan dalam menentukan harga. Anda dapat memaksimalkan fitur Shopee Live dan Voucher Toko dalam tahap ini.

Tahap ketiga merupakan konversi. Hal ini terjadi ketika pembeli memutuskan untuk checkout produk dari toko Anda. Program Gratis Ongkir dan Voucher Toko berperan kuat dalam proses konversi ini.

Terakhir merupakan proses yang paling penting, yaitu tahap penyimpanan. Dalam proses ini, pelanggan memutuskan akan membeli kembali produk Anda atau tidak. Kualitas produk dan rating yang tinggi penting untuk mempertahankan loyalitas pelanggan di tahap ini.

15. Manfaatkan Sosial Media

Memiliki sosial media dapat meningkatkan kredibilitas toko Anda. Informasi toko ataupun produk dapat Anda unggah di platform seperti Instagram ataupun Whatsapp agar pembeli yakin dengan toko dan produk yang Anda jual.

Selain itu, Anda juga dapat membangun branding untuk toko melalui pemilihan warna dasar unggahan, serta meraih target market yang lebih luas. Anda juga bisa mengunggah rating toko serta ulasan pembeli yang baik agar toko Anda semakin terpercaya.

0 komentar:

Posting Komentar