Tips Jualan Online

Bicara masalah toko online tak dapat terlepas dari fenomena penipuan toko on-line yang marak saat ini. Penipuan ini makin menjamur serta berlangsung tiap-tiap jam, tiap-tiap menit bahkan juga mungkin saja tiap-tiap detik. Tentu dengan cara sepintas, fenomena ini cukup merugikan untuk kita beberapa pelaku bisnis toko on-line yang bangun toko on-line juga sebagai usaha periode panjang dengan system yang profesional. Nah, jadi tak perlu dipusingkan masalah beberapa toko on-line lain yang menipu orang-orang, fokuslah di service pelanggan serta kwalitas product. Insya Allah, bila anda jujur, konsumen akan tiba sendiri serta setia pada toko anda. 
Jadi itu dua poin yang perlu anda pegang teguh: kwalitas product serta kwalitas service! Saat satu diantaranya lemah, ya wassalam!


Panduan Berhasil Melakukan bisnis Toko Online

Sesudah dua pondasi diatas telah cukup kuat, barulah anda dapat melakukan perbaikan beberapa tips pendukung dibawah ini:

1. Janganlah Buat Website Toko Online Dengan System Berbelanja yang Ribet

Menurut pengalaman saya, beberapa besar pebelanja on-line di Indonesia (mulai dari yang professor hingga ibu rumah-tangga) seluruhnya lebih suka belanja di website yang nda repot. Repot dalam pengertian tak mesti mengklik sana-sini dalam prosesnya pesan product. 
Misal system website toko on-line yang repot yaitu yang memakai system ‘add to cart’ serta yang perlu mendaftarkan e-mail terlebih dulu lalu memasukkan nomor kartu credit semua. Yakin deh, hingga sekarang ini di Indonesia, semakin ‘kebarat-baratan’ system berbelanja di toko on-line anda malah bakal bikin calon konsumen semakin berprasangka buruk! 
Mudahkan system berbelanja mereka. Cukup sertakan nomor handphone serta alamat Facebook anda, semuanya jadi lebih enak untuk mereka. Terlebih bila anda bersedia terima telephone. Beberapa besar customer on-line di Indonesia bakal lebih suka apabila dapat bicara segera dengan anda, SMS-an, BBM-an atau chatting.

2. Photo Berkwalitas : Harus Hukumnya!

Berdasar pada pengalaman saya, ini yaitu salah satu aspek yang bikin toko on-line saya gampang diingat serta semakin disenangi beberapa konsumen. Saya unggah foto-foto product dengan kwalitas yang baik dari beragam segi. Ini sangatlah mempermudah konsumen untuk lihat product anda dengan cara detil. 
Cobalah pikirkan, foto-foto ini yaitu hanya satu hubungan visual pada calon konsumen dengan barang yang bakal dibelinya. Masak iya anda tega membiarkan calon konsumen anda hanya lihat sisi depan product anda saja (itupun fotonya kabur)? 
Anjuran saya, lebih seriuslah dalam soal photo product ini. Bila dapat, pakai kamera DSLR untuk memperoleh ketajaman gambar yang optimal. Apabila kamera SLR merasa berat (baik dari sisi harga ataupun kameranya yang memanglah berat juga), anda dapat memakai kamera pocket namun dibantu dengan pencahayaan lampu penambahan. Anda dapat memakai dua lampu belajar untuk menolong pencahayaan photo product anda.

3. Service yang Cepat serta Tanggap

Kecepatan dalam melayani konsumen yaitu salah satu aspek yang memastikan dalam soal kwalitas service. Janganlah dibiarkan konsumen anda kelamaan menanti balasan SMS anda. Inilah kemungkinan yang perlu anda tanggung sendiri saat anda belum mempunyai karyawan di toko online anda. Anda serta handphone anda mesti melayani konsumen dari Sabang hingga Merauke! 
Ingat satu hal : ketertarikan calon konsumen pada product yang bakal dibelinya dapat alami penurunan (serta bahkan juga hilang) apabila anda kelamaan menjawab SMS pemesanannya.

4. Janganlah Bekerja Sendiri!

Berdasar pada pengalaman di beberapa toko on-line saya, satu aspek yang bikin penjualan bertambah cepat dari saat ke saat yaitu ada reseller. Reseller yaitu pihak-pihak yang jual kembali product anda pada orang lain. Jadi anda butuh berikan potongan harga spesial untuk beberapa reseller yang bakal mereka buat jadi selisih untuk keuntungan/laba mereka.
Buat suatu halaman di toko on-line anda yang diisi kesepakatan dengan reseller. Tetapkan potongan harga atau mungkin saja komisi yang dapat anda berikanlah pada mereka berdasar pada jumlah barang spesifik.
tahap selanjutnya yaitu bina jalinan baik dengan beberapa reseller itu serta janganlah pernah mengecewakan mereka. Perlakukan mereka juga sebagai rekanan usaha di mana ada jalinan sama-sama memerlukan. Janganlah sok-sok berkuasa sama reseller, lantaran tanpa ada reseller anda bakal pingsan dalam usaha menjangkau pasar yang luas seseorang diri.

5. Bekali Diri Dengan Pengetahuan Internet

Toko on-line yaitu toko yang letaknya di internet. Seperti apabila anda menyewa lapak di mall, anda mesti ketahui mall itu dengan baik. Anda mesti pelajari dari pintu mall sisi mana umumnya potensi konsumen product anda masuk. Anda mesti pelajari apakah tempat lapak anda di mall telah cukup strategis untuk type barang yang anda jual. Demikian juga perihal di internet. Di internet, anda mesti belajar dimana beberapa calon konsumen anda kerap nongkrong. Apakah di komunitas, group di Facebook, atau umumnya datang dari mesin pencari seperti Google, Yahoo! maupun Bing. Dengan tahu market share anda di internet, tingkat penjualan dapat dimaksimalkan.

Banyak jurus yang dapat anda praktikkan untuk tingkatkan penjualan anda di internet. Satu diantaranya yaitu dengan pengetahuan bagaimanakah supaya kebanjiran order dari mesin pencari (Google). Jutaan orang memakai Google untuk mencari barang yang mereka kehendaki serta ini yaitu market share yang luas apabila website anda dapat ‘nongkrong’ di halaman hasil pencarian Google.
Jurus ini namanya SEO (Search Engine Optimization) dengan kata lain Mengoptimalkan Mesin Pencari untuk keuntungan kita. Jurus ini tak dapat saya tuliskan disini lantaran saya belum ada gagasan bikin jari-jari saya keriting hari ini. Jangankan ditulis, di kelas belajar SEO di Astamedia saja, kerapkali saya mesti bicara menuturkan jurus-jurus SEO hingga berjam-jam! Pikirkan saja berapakah panjang tulisan ini jika materi yang saya bawakan di kelas SEO itu mesti saya catat. Namun sekali anda kuasai jurus ini, jutaan calon konsumen di depan mata siap bikin anda kewalahan terima pesanan!

0 komentar:

Posting Komentar